1 Tahun sudah kita lewati bersama..

Kita hancurkan bersama..
Kita berkembang bersama..
Perkembangannya tidak terlalu mencolok..
Yang berhasil kita rusak sudah banyak..
Harapan sekolah..
Harapan guru..
Proyek guru..
Kalian semua tahu akan hal itu..
Adakah respon kalian?
Hanya pasrah dan tetap mengejar nilai secara akademislah tujuan kalian..
Pernahkah kita solid?
Pernahkah terpikir rasa malu bertemu dengan wali kelas kalian?
Saya rasa kali ini saya perlu cukup tegas dan berkata-kata pedas..
Saya bukan siapa-siapa..
Saya satu dari kalian atau yang kita sebut keluarga XI ScienceClass..
Berkata keluarga adalah mudah tapi berkelakuan seperti keluarga itu sulit..
Saya bukan memperkeruh keadaan, tapi berpendapat sekaligus mengajak dan juga mengeluh..
Kalian semua pasti tahu apa yang saya maksud..
Beberapa mungkin berpikir dan melakukan perubahan..
Beberapa hanya membaca ini dan berpikir, tetapi tidak memperhatikan hal ini dan melupakkannya..
Beberapa yang lainnya, bahkan tidak akan pernah membaca ini..
Kalian tanya diri kalian mengapa? 
Saya yakin kalian mengerti maksud saya..
Saya akan berhenti menulis dan hanya mengatakan
Kalian ikut dengan proyek yang saya anggap mudah ini atau akan kalian hancurkan lagi?

Sayangnya
Saya dan beberapa teman yang lain akan tetap mengerjakannya..

You'll come for the ride?
Or just get outta of our way !

Kalimat di atas,
itu serius..
Jika kalian telah berjanji pada diri kalian
maka segala konsekuensi siap kalian tanggung
Jika kalian belum siap
Mundur sebagai Pecundang
Saya tidak yakin akan kemampuan saya
Tapi mari kerjakan dan belajar bersama !

Make us Proud of ourself !